PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 3 SEMESTER 1

 

prota PAI SD kelas 3

PROGAM TAHUNAN

 

Mata Pelajaran         :     Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester       :     III/1

Tahun Ajaran           :     2016/2017


Baca juga : 

PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 2 SEMESTER 1

PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 2 SEMESTER 2

PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 3 SEMESTER 1

PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 3 SEMESTER 2

PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 5 SEMESTER 1

PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 5 SEMESTER 2

PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 6 SEMESTER 1

PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 6 SEMESTER 2

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Keterangan

1.14   Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.

Kisah

keteladanan Nabi

Muhammad saw

1 x 40 jp

 

2.14   Menunjukkan sikap percaya diri dan mandiri sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

3.14   Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

4.14   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

1.1    Terbiasa membaca al- Qur'an dengan tartil.

Q.S. an-Nasr

1 x 40 jp

 

2.1     Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. an-Nasr dan Q.S. al- Kausar.

3.1.1 Memahami makna Q.S. an- Nasr dan Q.S. al-Kausar.

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Keterangan

3.1.2 Membaca kalimat- kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan Q.S. al- Kausar dengan benar.

 

 

 

4.1.1 Menulis kalimat- kalimat dalam Q.S. an-Nasr dan Q.S. al- Kausar dengan benar.

4.1.2 Menunjukkan hafalanQ.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar dengan lancar.

1.3    Meyakini keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.

Allah Swt. Itu Esa

1 x 40 jp

 

2.3    Menunjukkan sikap kerjasama sebagai implementasi dari pemahaman keesaan Allah Swt.

3.3    Memahami keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Keterangan

         dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.

 

 

 

4.3    Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah Swt. yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman terhadap keesaan Allah Yang Maha Pencipta.

1.4    Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Pemberi, Maha Mengetahui dan Maha Mendengar

al- Wahhab, (Maha Pemberi)

1 x 40 jp

 

2.4    Menunjukkan sikap peduli, berbuat baik dan berhati- hati sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna: al-Wahhab, al- 'Alim, dan as- Sami'.

3.4     Memahami makna al- Asm.au al- Husna: al-

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Keterangan

         Wahhab, al- 'Alim, dan as- Sami'.

 

 

 

4.4      Membaca al- Asmau al- Husna: al- Wahhab, al- 'Alim, dan as- Sami'dengan jelas dan benar

 

 

 

1.2    Meyakini Hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab.

Hadis yang

terkait

dengan

perilaku

mandiri,

percaya diri,

dan

tanggung jawab

1 x 40 jp

 

2.2    Menunjukkan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab.

3.2    Memahami Hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab.

4.2    Mencontohkan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab sebagai implementasi makna Hadis yang terkandung

1.5    Meyakini bahwa perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai cerminan dari iman.

Tawaduk

1 x 40 jp

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Keterangan

2.5    Menunjukkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan.

 

 

 

3.5    Memahami perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan.

4.5    Mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan.

1.8     Menjalankan salat secara tertib.

Makna salat

1 x 40 jp

 

2.8     Menunjukkan sikap hidup tertib sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah salat.

3.8     Memahami makna salat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kausar.

4.8     Menunjukkan contoh makna salat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kausar.

1.11   Meyakini kebenaran kisah Nabi Yusuf a.s.

Kisah

keteladanan Nabi Yusuf a.s

1 x 40 jp

 

2.11   Menunjukkan sikap pemaaf

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Keterangan

         sebagai implementasi dari pemahaman kisah  keteladanan Nabi Yusuf a.s.

 

 

 

3.11   Memahami kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.

4.11   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.

1.12   Meyakini kebenaran kisah Nabi Syu'aib a.s.

Kisah

keteladanan Nabi Syu'aib a.s.

1 x 40 jp

 

2.12   Menunjukkan sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Syu'aib a.s

3.12   Memahami kisah keteladanan Nabi Syu'aib a.s.

4.12   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu'aib a.s.

1.5    Meyakini bahwa perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai cerminan dari iman.

Ikhlas, dan mohon pertolongan

1 x 40 jp

 

2.5    Menunjukkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan

3.5    Memahami perilaku tawaduk,

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Alokasi

Waktu

Keterangan

         ikhlas, dan mohon pertolongan.

 

 

 

4.5    Mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan.

 

 

…………, ……………………… 20 …..

 

Mengetahui

 

 

Kepala Sekolah

 

Guru  Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam dan

Budi Pekerti

 

 

 

 

NIK/NIP………………………….………

 

NIK/NIP……………………………………

 

 

Post a Comment for "PROGRAM TAHUNAN PAI SD KELAS 3 SEMESTER 1"